STATE OF PLAY DAN 9 ELEMEN JURNALISTIK


Pada postingan kali ini akan membahas tentang film State of Play. State of Play adalah film thriller politik 2009, berdasarkan pada enam bagian serial televisi Inggris dengan nama yang sama yang pertama kali disiarkan di BBC One pada tahun 2003. Plot dari serial enam jam itu dipadatkan sesuai dengan format film dua jam , dengan lokasi berubah menjadi Washington, DC Film ini disutradarai oleh Kevin Macdonald dari sebuah skenario yang ditulis oleh Matthew Michael Carnahan, Tony Gilroy, Peter Morgan dan Billy Ray.



Review Film
Cerita diawali dengan peristiwa tewasnya seorang pencuri sekaligus pecandu narkoba, Deshaun Stagg, yang di tembak di sebuah lorong yang mana saksi mata atas penembakan tersebet yaitu seorang pengantar pizza, Vernon Sando, juga ikut terlibat. Keesokan harinya seorang wanita ditemukan tewas di sebuah stasiun kereta api yang diduga bunuh diri. Wanita tersebut adalah Sonia Baker, staff peneliti Stephen Collins, Anggota Kongres. Jurnalis bernama Cal McAffrey yang awalnya menyelidiki kejadian penembakan tersebut menemukan bahwa dua kejadian tersebut  saling berhubungan. Cal McAffrey, menduga kematian Sonia berkaitan dengan aktivitas yang dilakukannya selama bekerja dengan Collins, yakni investigasi terhadap sebuah kontrak proyek militer oleh sebuah perusahaan swasta bernama PointCorp.
Dengan bantuan Della Frye, Cal memulai penyelidikannya untuk mencari kebenaran yang terjadi dibalik kejadian yang saling berhubungan tersebut. Maka dari itu Della dan Cal berusaha menyelidiki siapa saja dalang dibalik kematian Sonia. Saat Della sedang mengamati kamera CCTV, seseorang yang mirip dengan yang ditemui di lift rumah sakit sesaat sebelum terjadi penembakan Sando. Della menyerahkan foto laki-laki itu kepada Cal. Cal mencari info dari ‘orang dalam’ PointCorp tentang si penembak Sando. Kemudian ia mendapat nama Fred Summer beserta alamatnya. Lalu ia pergi ke untuk menyelidiki, ternyata yang menempati kamar Fred Summer adalah pria penembak itu. Cal kemudian lari dan terjadi baku tembak sebelum polisi datang. Laku terjadilah pertengkaran antara pihak polisi dan Wartawan globe atas bukti – bukti yang ada dan tidak memberitahukan kepada pihak yang berwenang.
Semakin dekat Cal pada kebenaran, semakin ragu Cal untuk melanjutkan. Ia tahu apa yang akan ia ungkap bisa mengancam persahabatan. Ditengah deadline, Annie dan Stephen datang ke Washington Globe dan memberikan pengakuan. Setelah Collin memberikan pengakuan lalu ia pergi. Namun, ada kejanggalan. Di malam hari yang sama, Cal menghampiri Collin tentang kejanggalan itu. Collins mengaku bahwa ia menyuruh orang, Robert Bingham, untuk memata-matai Sonia karena tingkah laku Sonia yang mencurigakan, tetapi Bingham malah membunuh Sonia. Bingham akhirnya tewas tertembak polisi setelah ia berusaha untuk membunuh Cal di parkiran.

Implementasi 9 elemen jurnalistik dalam film State of Play
11. Jurnalisme itu mengejar kebenaran
Dalam film Cal McAffrey selalu mencari tahu kebenarannya tanpa melihat siapakah orang yang akan ditanya olehnya. Bahkan kepada sahabatnya sendiri yang sedang dilanda masalah dan ingin diberi ketenangan oleh Cal McAffrey sendiri. Profesionalitas Cal McAffrey sendiri sangat terlihat saat dia lebih mementingkan kebenaran yang dia dapat walaupun itu melibatkan sahabatnya sendiri dan memecah hubungan mereka.

22. Komitmen wartawan kepada masyarakat dan kepentingan publik
Dalam konteks ini akan tampak sekali pada akhir dari film dimana Stephen Collins yaitu sahabatnya mengatakan harga diri Cal McAffrey sangat menggelikan untuk mengungkapkan kebenaran yang ada. Kemudian kata – kata Cal McAffrey yang mengatakan “Kau tahu, di tengah gosip dan spekulasi yang memasuki kehidupan orang – orang aku masih merasa mereka tahu perbedaan antara berita sebenarnya dan berita omong kosong dan mereka merasa senang jika ada yang cukup peduli untuk memberitakan semua itu dan mempublikasikan kebenarannya.”
That is very deep, dari segala kejadian yang terjadi momen itulah yang sangat menyentuh, bahwa dari segala hal yang sudah maju sekarang dan segala kepentingan yang dimiliki oleh Cal McAffrey dia masih memikirkan publik yang akan membaca berita tersebut.

33.  Jurnalisme itu disiplin menjalankan verifikasi
Dalam beberapa peristiwa yang terjadi Cal McAffrey akan mendapatkan sebuah bread crumbs atau kepingan – kepingan informasi. Saat dimana Cal McAffrey mulai menggali lebih dalam berita tersebut maka akan memunculkan kepingan informasi kembali. Hal yang dilakukan sebelum menggali lagi adalah mengecek apakah informasi yang didapatkan cocok dan sesuai dengan informasi – informasi yang dia punya serta melakukan pengecekan berkala dengan informannya.

44. Independen terhadap berita
        Dalam film Cal McAffrey tidak pandang bulu menggunakan sahabat dan temannya sebagai sumber informasi dan pada akhirnya sahabatnya, Stephen Callin selaku anggota kongres besar yang ternyata tersangka dari pembunuhan terencana sehingga mengakibatkan empat orang dibunuh, salah satunya adalah Sonia Baker, kekasih gelap dari Stephen. Walaupun tersangka pembunuhan tersebut tidak lain adalah sahabatnya sendiri, Cal McAffrey tetap akan menyampaikan kebenaran dari kasus tersebut berdasarkan sumber-sumber yang dia dapatkan.

55. Harus menjadi pemantau kekuasaan
          Cal McAffrey sebagai seorang jurnalis akan memantau bagaimanakah pemerintahan bergerak dan bertindak. Dengan melakukan itu maka jika ada sebuah kejadian yang terjadi di dalam pemerintahan maka Cal McAffrey akan menyelidiki dan melihat keterkaitan dengan apa yang akan terjadi nantinya.

66. Menyediakan forum bagi masyarakat
         Dengan adanya kasus hubungan gelap Stephen Callin yang menarik perhatian masyarakat, maka sebagai sarana informasi bagi masyarakat dan sudah menjadi tuntutan Cal McAffrey dalam menjalankan tugasnya sebagai jurnalis. Maka Cal McAffrey harus menyajikan berita yang sesuai dengan apa yang diminati serta diinginkan oleh masyarakat

77. Berusaha keras membuat hal penting menjadi menarik dan relevan
           Kepandaian dalam mengolah kata – kata agar dapat menarik perhatian pembaca dan membuat pembaca menjadi ingin lebih tau akan berita tersebut adalah teknik yang harus dimiliki oleh jurnalis. Misalnya saja pada saat Stephen Callin memberi tahu kepada Cal McAffrey bahwa keadaan Sonia Baker sebelum meninggal baik – baik saja dan dapat dikatakan bahwa Sonia Baker dibunuh. Cal McAffrey mulai mencoba membuat sebuah berita yang pada nantinya dapat digunakan untuk membalikkan keadaan yang kacau pada saat itu. Walaupun berita tersebut belum ditulis akan tetapi dapat dilihat kepiawaian dari Cal McAffrey dalam membuat sebuah headline berita.

88. Menjaga agar berita proporsional
           Berita yang diterbitkan menurut Cal McAffrey adalah berita yang proporsional baik itu dalam segi judul dan juga isi dari berita tersebut. Dapat dilihat pada adegan bahwa Della Frye mendapatkan sebuah informasi dari sahabat Sonia Baker. Tetapi setelah mempertimbangkan baik dari informasi dan berita yang bisa dimuat Cal McAffrey memutuskan bahwa berita tersebut tidak layak dan proporsional serta hanya menimbulkan sensasi saja.

99.  Mengutamakan hati nurani
            Terdapat banyak adegan bahwa jurnalis harus mengutamakan hati nurani, pada adegan dimana terjadi perseteruan apakah berita yang diberikan oleh sahabat Sonia Baker yang memunculkan banyak headline – headline sensasional yang mana menurut Cal McAffrey adalah tidak berperikemanusiaan karena harus menghormati Sonia Baker yang sudah tiada. Adegan berikutnya adalah saat mengetahui bahwa Stephen Callin juga terlibat di dalam kasus tersebut serta menjadi seorang tersangka, walaupun Stephen Callin adalah sahabatnya dan juga telah memohon kepada Cal McAffrey untuk tidak mempublikasikan hal tersebut. Karena hati nurani tersebut yang menginginkan agar semua orang tahu akankebenaran kasus tersebut. Dalam adegan tersebut terlihat sekali bahwa jurnalis harus mengutamakan hati nurani.

          Itulah sebagian review yang bisa diberikan, secara overall film tersebut adalah kisah yang bagus dan membuat penonton akan menerka – nerka siapakah dalang dan bagaimana cara dalang tersebut melakukannya. Pembawaan suasana pada film tersebut juga dikemas agar penonton juga hanyut dalam cerita film tersebut.


Komentar

Postingan Populer