TENTANG SUARA SURABAYA FM ( SSFM )
TENTANG
SUARA SURABAYA FM ( SSFM )
SUARA
SURABAYA merupakan stasiun radio yang terkenal di daerah Surabaya, Jawa Timur.
SUARA SURABAYA mengudara pertama kali pada tanggal 11 Juni 1983. SUARA SURABAYA
memiliki sebuah slogan yaitu "News, Interaktif, Solutif". Slogan ini
juga membuat bahwa SUARA SURABAYA merupakan pelopor radio news interaktif
solutif atau informasi jalan raya, yang mana jika mendengar dari siaran radio
tersebut banyak sekali update – update berita bahkan update tentang kondisi
jalan yang ada di Surabaya maupun daerah jawa timur lainnya. SUARA SURABAYA
menyelenggarakan berbagai kegiatan pemberdayaan proses demokratisasi masyarakat
dengan melakukan sebuah update news interaktif yang bersumber dari masyarakat
daerah Surabaya dan Jawa Timur. Pada awalnya frekuensi SUARA SURABAYA di FM
100.55, lalu sejak 1 Agustus 2004 SUARA SURABAYA berpindah ke frekuensi FM 100.
VISI
DAN MISI
VISI : SUARA SURABAYA adalah sumber pemberdayaan
dan kegiatan demokratisasi masyarakat,
melalui usaha kegiatan media massa yang mengikuti perkembangan teknologi
komunikasi dan telekomunikasi.
MISI : SUARA SURABAYA, perusahaan media massa yang
dituntut berkembang dengan mengandalkan kemajuan teknologi komunikasi dan
telekomunikasi.
TARGET
PENDENGAR
Jenis Kelamin :
Laki – Laki ( 60% )
Perempuan ( 40% )
Pendidikan :
SD ( 15% )
SLTP ( 20% )
SLTA ( 40% )
PERGURUAN TINGGI ( 25% )
Usia :
≤ 20 ( 10% )
21 – 29 ( 20% )
30 – 39 ( 30% )
40 – 49 ( 25% )
≥ 50 ( 15% )
DATA
SUARA SURABAYA FM ( SSFM )
Nama
Perusahaan : PT.
RADIO FISKARIA JAYA SUARA SURABAYA
Station
Call / Sebutan Udara : Suara Surabaya
Frekuensi : 100 FM
ISR
(Izin Stasiun Radio) : 01175060-000SU/20052014
IPP
(Izin Penyelenggaraan Penyiaran) : 699 Tahun 2012
Alamat
Kantor : Jl. Wonokitri Besar 40 C. Surabaya
60256
Telepon : 031-5683040 (Hunting)
Fax : 031-5683733
Website : www.suarasurabaya.net
Email : marketing@suarasurabaya.net
Alamat
Studio : Jl. Wonokitri Besar 40 C. Surabaya
60256
Contact
Person : Errol Jonathans , Wahyu Widodo, Rommy
Febriansatah
0811307220,
0811307219, 0833008500
Jangkauan
Siaran : 75.00 km
Twitter : @ssfm 100
Facebook : E100
Slogan
Radio : New, Interaktif dan Solutif
Waktu
Siaran Setiap Hari : 24 Jam
PROGRAM
OFF AIR
- · Car Free Night
- · Benoa Port Jazz Festival
- · Ngobrol Bareng Bupati Sidoarjo
- · Honda Indie Campaign Safety Riding Contest
- · Kampung Perubahan - Business Solution
- · Jazz Community
- · Lari Hasanah
- · Jazz Traffic Festival
PROGRAM
UNGGULAN
- · Wawasan
- · Inspirasu Solusi
- · Dialog Prospektif Bisnis
- · Memorabilia
- · Jazz Traffic
STRATEGI RADIO SUARA SURABAYA DALAM
PERSAINGAN DI SAAT INI
SSFM merupakan radio pertama yang
melakukan siaran berformat news atau informasi di bulan Juni 1983 dan masih
tetap eksis hingga sekarang, dibutuhkan waktu dan proses yang tidak singkat dan
menjadi radio kebanggaan kota Surabaya. Walaupun saat ini SSFM telah menjadi
radio yang paling banyak didengar, baik itu di daerah Surabaya maupun diluar
Surabaya. Perkembangan teknologi dan informasi yang ada saat ini membuat para
pendengar mulai sedikit. Akan tetapi SSFM membuat domain SuaraSurabaya.net di
tahun 2000 sebagai domain website di era perkembangan teknologi dan informasi
saat ini dan beberapa tahun kemudian menghasilkan aplikasi streaming radio, radio on
demand,dan rubrikasi.
Hal ini didasarkan pada data
survei yang mengatakan bahwa 57% dari total pendengar radio berasal dari
Generasi Z dan Millenials atau para konsumen masa depan. Serta saat ini 4 dari
10 orang pendengar radio mendengarkan radio melalui perangkat yang lebih
personal yaitu mobile phone. Walaupun
begitu jangkauan akan pendengar radio masih cukup baik melihat masih 38% di
kuartal ketiga tahun 2016 ini. Banyaknya asumsi yang mengatakan bahwasanya
pendengar radio kian lama kian menurun akan tetapi waktu mendengarkan radio per
minggu, rupanya bertumbuh dari tahun ke tahun. Jika di tahun 2014 pendengar
radio hanya menghabiskan waktu mendengarkan radio 16 jam per minggunya, hasil
ini meningkat terus di tahun 2015 (16 jam 14 menit per minggu) dan tahun 2016
(16 jam 18 menit). Hasil Survey juga menunjukkan bahwa justru, 57 persen
pendengar radio saat ini adalah konsumen masa depan yang berada pada usia yang
relatif muda. ( Nielsen Radio Audience Measurement : 2016 )
Melalui data yang ada serta data
pengguna internet tercatat bahwa pengguna internet Indonesia mencapai 132,7
juta dari total populasi penduduk Indonesia 256,2 juta orang. Berdasarkan usia,
pengguna internet Indonesia berusia 35-44 tahun sebesar 38,7 juta pengguna,
usia 10-24 tahun sebesar 24,4 juta, usia 45-54 sebesar 23,8 juta, usia 25-34
sebesar 32,3 juta dan usia 55 ke atas dengan 13,2 juta. ( APJII : 2016 )
Pemanfaatan website
SuaraSurabaya.net serta pemanfaatan media sosial yang ada saat ini akan sangat
menguntungkan. Pemanfaatan media sosial pada SSFM dapat dilihat pada salah satu
program andalannya yaitu Kelana Kota. Program ini memberikan informasi bagi
para pengendara serta menjadi sarana bagi masyarakat untuk berbagi Informasi.
Kelana Kota awalnya hanya mengudara saja namun di tahun 2008 SSFM membuat
account twitter dan facebook untuk dapat lebih luas menjangkau lapisan
masyarakat. Tahun
2009 SSFM bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dengan memanfaatkan kamera
Area Traffic Control System guna meningkatkan layanan siaran informasi lalu
lintas yang kemudian dapat di update melalui twitter dan facebook. Melihat pada
website yang ada Layanan siaran radio
dengan gambar dan teks bukanlah hal yang mustahil karena di dalam suarasurabaya.net
telah dirancang dengan ekspresi profil perusahaan, profil siaran, dan profil
pelaksana siaran yang bisa diakses publik, termasuk layanan tanpa batas berbunyi
radio online. Uniknya, suarasurabaya.net berbeda dari website radio online
komersil lainnya karena yang ditampilkan pada profilnya sangat beragam,
layaknya membaca koran, dari berita regional hingga nasional tersedia dan
selalu terupdate. Sedangkan kebanyakan website radio lainnya hanya berisi
content mengenai perkembangan lagu, film, dan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan
serta kreatifitas anak muda. Tentunya, manajemen redaksional yang diberlakukan
antara suarasurabaya.net dan SSFM berbeda. Keberadaan suarasurabaya.net akan menciptakan
cara yang unik untuk memproduksi berita dan mendapatkan konsumen beritanya.
ntapss soul
BalasHapus