TENTANG SUARA SURABAYA FM ( SSFM )

TENTANG SUARA SURABAYA FM ( SSFM )

SUARA SURABAYA merupakan stasiun radio yang terkenal di daerah Surabaya, Jawa Timur. SUARA SURABAYA mengudara pertama kali pada tanggal 11 Juni 1983. SUARA SURABAYA memiliki sebuah slogan yaitu "News, Interaktif, Solutif". Slogan ini juga membuat bahwa SUARA SURABAYA merupakan pelopor radio news interaktif solutif atau informasi jalan raya, yang mana jika mendengar dari siaran radio tersebut banyak sekali update – update berita bahkan update tentang kondisi jalan yang ada di Surabaya maupun daerah jawa timur lainnya. SUARA SURABAYA menyelenggarakan berbagai kegiatan pemberdayaan proses demokratisasi masyarakat dengan melakukan sebuah update news interaktif yang bersumber dari masyarakat daerah Surabaya dan Jawa Timur. Pada awalnya frekuensi SUARA SURABAYA di FM 100.55, lalu sejak 1 Agustus 2004 SUARA SURABAYA berpindah ke frekuensi FM 100.




VISI DAN MISI
VISI     : SUARA SURABAYA adalah sumber pemberdayaan dan kegiatan demokratisasi     masyarakat, melalui usaha kegiatan media massa yang mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan telekomunikasi.
MISI    : SUARA SURABAYA, perusahaan media massa yang dituntut berkembang dengan mengandalkan kemajuan teknologi komunikasi dan telekomunikasi.


TARGET PENDENGAR

Jenis Kelamin                           : 
Laki – Laki ( 60% ) 
Perempuan ( 40% )

Pendidikan                               : 
SD ( 15% )
SLTP ( 20% )
SLTA ( 40% )
PERGURUAN TINGGI ( 25% )

Usia                                         :  
≤ 20 ( 10% )
21 – 29 ( 20% )
30 – 39 ( 30% )
40 – 49 ( 25% )
≥ 50 ( 15% )

DATA SUARA SURABAYA FM ( SSFM )

Nama Perusahaan                      :           PT. RADIO FISKARIA JAYA SUARA SURABAYA
Station Call / Sebutan Udara     :           Suara Surabaya
Frekuensi                                   :           100 FM
ISR (Izin Stasiun Radio)                          :           01175060-000SU/20052014
IPP (Izin Penyelenggaraan Penyiaran)     :           699 Tahun 2012
Alamat Kantor                          :           Jl. Wonokitri Besar 40 C. Surabaya 60256
Telepon                                     :           031-5683040 (Hunting)
Fax                                            :           031-5683733
Website                                     :           www.suarasurabaya.net
Email                                        :           marketing@suarasurabaya.net
Alamat Studio                          :           Jl. Wonokitri Besar 40 C. Surabaya 60256
Contact Person                         :           Errol Jonathans , Wahyu Widodo, Rommy Febriansatah
                                                            0811307220, 0811307219, 0833008500
Jangkauan Siaran                      :           75.00 km
Twitter                                      :           @ssfm 100
Facebook                                  :           E100
Slogan Radio                            :           New, Interaktif dan Solutif
Waktu Siaran Setiap Hari         :           24 Jam

PROGRAM OFF AIR
  • ·        Car Free Night
  • ·        Benoa Port Jazz Festival
  • ·        Ngobrol Bareng Bupati Sidoarjo
  • ·        Honda Indie Campaign Safety Riding Contest
  • ·        Kampung Perubahan - Business Solution
  • ·        Jazz Community
  • ·        Lari Hasanah
  • ·        Jazz Traffic Festival

PROGRAM UNGGULAN
  • ·        Wawasan
  • ·        Inspirasu Solusi
  • ·        Dialog Prospektif Bisnis
  • ·        Memorabilia
  • ·        Jazz Traffic


STRATEGI RADIO SUARA SURABAYA DALAM PERSAINGAN DI SAAT INI
SSFM merupakan radio pertama yang melakukan siaran berformat news atau informasi di bulan Juni 1983 dan masih tetap eksis hingga sekarang, dibutuhkan waktu dan proses yang tidak singkat dan menjadi radio kebanggaan kota Surabaya. Walaupun saat ini SSFM telah menjadi radio yang paling banyak didengar, baik itu di daerah Surabaya maupun diluar Surabaya. Perkembangan teknologi dan informasi yang ada saat ini membuat para pendengar mulai sedikit. Akan tetapi SSFM membuat domain SuaraSurabaya.net di tahun 2000 sebagai domain website di era perkembangan teknologi dan informasi saat ini dan beberapa tahun kemudian menghasilkan aplikasi streaming radio, radio on demand,dan rubrikasi.
Hal ini didasarkan pada data survei yang mengatakan bahwa 57% dari total pendengar radio berasal dari Generasi Z dan Millenials atau para konsumen masa depan. Serta saat ini 4 dari 10 orang pendengar radio mendengarkan radio melalui perangkat yang lebih personal yaitu mobile phone. Walaupun begitu jangkauan akan pendengar radio masih cukup baik melihat masih 38% di kuartal ketiga tahun 2016 ini. Banyaknya asumsi yang mengatakan bahwasanya pendengar radio kian lama kian menurun akan tetapi waktu mendengarkan radio per minggu, rupanya bertumbuh dari tahun ke tahun. Jika di tahun 2014 pendengar radio hanya menghabiskan waktu mendengarkan radio 16 jam per minggunya, hasil ini meningkat terus di tahun 2015 (16 jam 14 menit per minggu) dan tahun 2016 (16 jam 18 menit). Hasil Survey juga menunjukkan bahwa justru, 57 persen pendengar radio saat ini adalah konsumen masa depan yang berada pada usia yang relatif muda.  ( Nielsen Radio Audience Measurement : 2016 )
Melalui data yang ada serta data pengguna internet tercatat bahwa pengguna internet Indonesia mencapai 132,7 juta dari total populasi penduduk Indonesia 256,2 juta orang. Berdasarkan usia, pengguna internet Indonesia berusia 35-44 tahun sebesar 38,7 juta pengguna, usia 10-24 tahun sebesar 24,4 juta, usia 45-54 sebesar 23,8 juta, usia 25-34 sebesar 32,3 juta dan usia 55 ke atas dengan 13,2 juta. ( APJII : 2016 )
Pemanfaatan website SuaraSurabaya.net serta pemanfaatan media sosial yang ada saat ini akan sangat menguntungkan. Pemanfaatan media sosial pada SSFM dapat dilihat pada salah satu program andalannya yaitu Kelana Kota. Program ini memberikan informasi bagi para pengendara serta menjadi sarana bagi masyarakat untuk berbagi Informasi. Kelana Kota awalnya hanya mengudara saja namun di tahun 2008 SSFM membuat account twitter dan facebook untuk dapat lebih luas menjangkau lapisan masyarakat. Tahun 2009 SSFM bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dengan memanfaatkan kamera Area Traffic Control System guna meningkatkan layanan siaran informasi lalu lintas yang kemudian dapat di update melalui twitter dan facebook. Melihat pada website yang ada  Layanan siaran radio dengan gambar dan teks bukanlah hal yang mustahil karena di dalam suarasurabaya.net telah dirancang dengan ekspresi profil perusahaan, profil siaran, dan profil pelaksana siaran yang bisa diakses publik, termasuk layanan tanpa batas berbunyi radio online. Uniknya, suarasurabaya.net berbeda dari website radio online komersil lainnya karena yang ditampilkan pada profilnya sangat beragam, layaknya membaca koran, dari berita regional hingga nasional tersedia dan selalu terupdate. Sedangkan kebanyakan website radio lainnya hanya berisi content mengenai perkembangan lagu, film, dan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan serta kreatifitas anak muda. Tentunya, manajemen redaksional yang diberlakukan antara suarasurabaya.net dan SSFM berbeda. Keberadaan suarasurabaya.net akan menciptakan cara yang unik untuk memproduksi berita dan mendapatkan konsumen beritanya.








Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer