Sekilas Tentang Jawa Pos

DATA PEMASARAN DAN PEMBACA KORAN JAWA POS

           


(sumber gambar : https://bayumanunggal.files.wordpress.com/2015/11/jawa-pos-logo.jpg)

Sekarang saya akan memberikan data tentang pemasaran dan pembaca koran Jawa Pos. Nama koran ini tidak akan mungkin tidak dikenal oleh masyarakat. Koran ini sudah dikenal oleh berbagai masyarakat Indonesia serta banyak dibaca oleh setiap orang.
Koran Jawa Pos merupakan salah satu media cetak yang terkenal dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Koran Jawa Pos sendiri dibentuk pada Juli 1949 serta pusat koran Jawa Pos ada  di Surabaya. Awal mula Jawa Pos tidak seperti yang sekarang, dulunya Jawa Pos hanya bisa menjual sekitar 6000 eksemplar. Beberapa tahun kemudian Jawa Pos mulai berkembang dan semakin maju dan dapat menjual +/- 300.000 eksemplar perhari.

Data Pemasaran Media Cetak

Data Oplah                  : 300.000 eksemplar/hari

Peredaran Koran         :
·        -  Jawa Timur
·        - Jawa Barat
·         -Bali & Nusa Tenggara
·         -Jawa Tengah
·         -DIY
·         -Kalimantan
·         -Sulawesi
·         -Maluku  
·         -Sumatera

Jenis Kelamin             :
·       Pria     ( 70% )
·       Wanita ( 30% )

Status Ekonomi          :
·       Atas ( 40 % )
·       Menengah ( 50% )
·       Lainnya ( 10% )

Usia                             :
·       10 – 20 tahun ( 25% )
·       20 – 30 tahun ( 26 % )
·       30 – 40 tahun ( 21%)
·       40 – 50 tahun ( 15 % )
·       50 tahun keatas ( 15 %)

Data Teknis
Nama              : Jawa Pos
Bahasa            : Indonesia
Penetbit           : PT Jawa Pos
Rek. Bank       : Bank BCA Cabang Bhayangkara, Surabaya
                          No Rek : 6100640811
                          Bank Mandiri Cabang Graha Pena, Surabaya
                          No Rek : 1420035757888
Terbit              : Pagi, 7 kali seminggu ( hari libur nasional tetap terbit )
Bidang Cetak : 324 x 540 mm
Jumlah Kolom: 7 kolom
Ukuran Kolom: 43 mm

 Tarif Iklan


( sumber : http://iklanjawapos.com/wp-content/uploads/2015/07/DAFTAR-HARGA-IKLAN-BARIS-JITU-JAWA-POS-2017.pdf)
                         

STRATEGI PEMASARAN KORAN JAWA POS DI ERA PERSAINGAN MEDIA CETAK

            Dalam persaingan di media cetak saat ini Jawa Pos sudah mempersiapkan dengan matang berbagai persiapan untuk menghadapi masalah ini. Selain Jawa Pos mengembangkan pengedaran koran mereka dari Sumatera sampai Papua mereka juga sudah membuat berbagai macam tipe media cetak selain koran. Terdapat beberapa majalah dan juga tabloid yang telah dibuat oleh Jawa Pos. Selain di media cetak Jawa Pos juga telah merambah jaringan mereka ke dunia pertelevisian, seperti Jawa Pos TV yang siaran di daerah Jabodetabek serta ada pula JTV yang berpusat di Surabaya.
            Walaupun dari ranah media cetak dan media televisi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi masih ada hal yang harus ditingkatkan oleh Jawa Pos. Ranah yang perlu dikembangkan yaitu pada media online. Walaupun pada media online hanya berita pendek yang menyajikan sebuah berita yang pendek dan tidak terlalu mendalam. Jika pembaca ingin lebih mendalami isi dari suatu berita maka mereka lebih baik membaca media cetak / koran.
            Dalam perkembangan teknologi dan internet yang sudah mulai berkembang pesat banyak masyarakat yang pindah untuk mencari informasi melalui internet. Hal ini dilihat oleh para media cetak untuk membuat sebuah wadah bagi masyarakat yang mencari informasi. Saat ini sudah banyak media yang memanfaatkan hal tersebut untuk mencari pembaca. Berdasarkan data survei yang telah dilakukan terdapat beberapa situs berita online yang banyak dikunjungi dan yang berada di 5 (lima) teratas yang dikunjungi adalah detik.com , kompas.com , liputan6.com , viva.co.id , dan merdeka.com ( Alexa.com : 2015 ) 
Dengan melihat peran Jawa Pos sebagai salah satu pemain besar di dunia media setidaknya Jawa Pos dapat bersaing dengan beberapa pemain besar lain di media online tersebut. Tetapi melihat perkembangan yang ada sekarang dan banyaknya musuh tersebut akan sangat disarankan agar Jawa Pos untuk menargetkan pembaca yang spesifik untuk menarik minat baca seseorang di situs berita online Jawa Pos. Berdasarkan data yang telah dilakukan didapatkan bahwa pembaca koran Jawa Pos 51% memiliki umur dibawah 30 tahun. ( Nielsen Media Research : 2011 )
Dengan keunggulan Jawa Pos berdasarkan data tersebut membuat peluang Jawa Pos untuk menaklukkan dunia media online akan semakin besar. Perkembangan teknologi yang membuat setiap orang menggunakan internet menjadi salah satu faktor yang utama. Data yang didapatkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pengguna internet sebanyak 74,6 juta pengguna, mengalami peningkatan yang signifikan daripada tahun sebelumnya sebesar 22%. Dari banyaknya pengguna internet tersebut setengah populasi pengguna mempunyai umur 30 kebawah.( Markplus Insight : 2014 )  
Peluang yang dimiliki oleh Jawa Pos sangatlah besar dan dapat dioptimalkan untuk bisa bersaing di media online saat ini. Hal ini dapat membuat peran Jawa Pos sebagai salah satu pemain besar tidak menurun dikarenakan tidak dapat bersaing penuh di dunia media saat ini.
                                       





Komentar

Postingan Populer