Sekilas Tentang Jawa Pos
DATA PEMASARAN DAN PEMBACA KORAN JAWA
POS
(sumber
gambar : https://bayumanunggal.files.wordpress.com/2015/11/jawa-pos-logo.jpg)
Sekarang
saya akan memberikan data tentang pemasaran dan pembaca koran Jawa Pos. Nama
koran ini tidak akan mungkin tidak dikenal oleh masyarakat. Koran ini sudah
dikenal oleh berbagai masyarakat Indonesia serta banyak dibaca oleh setiap
orang.
Koran
Jawa Pos merupakan salah satu media cetak yang terkenal dan dikenal oleh
masyarakat Indonesia. Koran Jawa Pos sendiri dibentuk pada Juli 1949 serta
pusat koran Jawa Pos ada di Surabaya.
Awal mula Jawa Pos tidak seperti yang sekarang, dulunya Jawa Pos hanya bisa
menjual sekitar 6000 eksemplar. Beberapa tahun kemudian Jawa Pos mulai
berkembang dan semakin maju dan dapat menjual +/- 300.000 eksemplar perhari.
Data Pemasaran
Media Cetak
Data Oplah : 300.000 eksemplar/hari
Peredaran
Koran :
· - Jawa Timur
· - Jawa Barat
· -Bali & Nusa
Tenggara
· -Jawa Tengah
· -DIY
· -Kalimantan
· -Sulawesi
· -Maluku
· -Sumatera
Jenis
Kelamin :
· Pria ( 70% )
· Wanita ( 30% )
Status Ekonomi :
·
Atas
( 40 % )
· Menengah ( 50% )
· Lainnya ( 10% )
Usia :
· 10 – 20 tahun (
25% )
· 20 – 30 tahun (
26 % )
· 30 – 40 tahun (
21%)
· 40 – 50 tahun (
15 % )
· 50 tahun keatas
( 15 %)
Data Teknis
Nama : Jawa Pos
Bahasa : Indonesia
Penetbit : PT Jawa Pos
Rek. Bank : Bank BCA Cabang Bhayangkara, Surabaya
No Rek : 6100640811
Bank Mandiri Cabang Graha Pena, Surabaya
No Rek : 1420035757888
Terbit : Pagi, 7 kali seminggu ( hari
libur nasional tetap terbit )
Bidang Cetak : 324 x 540 mm
Jumlah Kolom: 7 kolom
Ukuran Kolom: 43
mm
Tarif Iklan
( sumber : http://iklanjawapos.com/wp-content/uploads/2015/07/DAFTAR-HARGA-IKLAN-BARIS-JITU-JAWA-POS-2017.pdf)
STRATEGI
PEMASARAN KORAN JAWA POS DI ERA PERSAINGAN MEDIA CETAK
Dalam persaingan di media cetak saat
ini Jawa Pos sudah mempersiapkan dengan matang berbagai persiapan untuk
menghadapi masalah ini. Selain Jawa Pos mengembangkan pengedaran koran mereka
dari Sumatera sampai Papua mereka juga sudah membuat berbagai macam tipe media
cetak selain koran. Terdapat beberapa majalah dan juga tabloid yang telah
dibuat oleh Jawa Pos. Selain di media cetak Jawa Pos juga telah merambah
jaringan mereka ke dunia pertelevisian, seperti Jawa Pos TV yang siaran di
daerah Jabodetabek serta ada pula JTV yang berpusat di Surabaya.
Walaupun dari ranah media cetak dan
media televisi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi masih ada hal yang harus
ditingkatkan oleh Jawa Pos. Ranah yang perlu dikembangkan yaitu pada media online.
Walaupun pada media online hanya berita pendek yang menyajikan sebuah berita
yang pendek dan tidak terlalu mendalam. Jika pembaca ingin lebih mendalami isi
dari suatu berita maka mereka lebih baik membaca media cetak / koran.
Dalam perkembangan teknologi dan
internet yang sudah mulai berkembang pesat banyak masyarakat yang pindah untuk
mencari informasi melalui internet. Hal ini dilihat oleh para media cetak untuk
membuat sebuah wadah bagi masyarakat yang mencari informasi. Saat ini sudah
banyak media yang memanfaatkan hal tersebut untuk mencari pembaca. Berdasarkan
data survei yang telah dilakukan terdapat beberapa situs berita online yang
banyak dikunjungi dan yang berada di 5 (lima) teratas yang dikunjungi adalah
detik.com , kompas.com , liputan6.com , viva.co.id , dan merdeka.com (
Alexa.com : 2015 )
Dengan
melihat peran Jawa Pos sebagai salah satu pemain besar di dunia media
setidaknya Jawa Pos dapat bersaing dengan beberapa pemain besar lain di media
online tersebut. Tetapi melihat perkembangan yang ada sekarang dan banyaknya
musuh tersebut akan sangat disarankan agar Jawa Pos untuk menargetkan pembaca
yang spesifik untuk menarik minat baca seseorang di situs berita online Jawa
Pos. Berdasarkan data yang telah dilakukan didapatkan bahwa pembaca koran Jawa
Pos 51% memiliki umur dibawah 30 tahun. ( Nielsen
Media Research : 2011 )
Dengan
keunggulan Jawa Pos berdasarkan data tersebut membuat peluang Jawa Pos untuk
menaklukkan dunia media online akan semakin besar. Perkembangan teknologi yang
membuat setiap orang menggunakan internet menjadi salah satu faktor yang utama.
Data yang didapatkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pengguna internet
sebanyak 74,6 juta pengguna, mengalami peningkatan yang signifikan daripada
tahun sebelumnya sebesar 22%. Dari banyaknya pengguna internet tersebut
setengah populasi pengguna mempunyai umur 30 kebawah.( Markplus Insight : 2014
)
Peluang
yang dimiliki oleh Jawa Pos sangatlah besar dan dapat dioptimalkan untuk bisa
bersaing di media online saat ini. Hal ini dapat membuat peran Jawa Pos sebagai
salah satu pemain besar tidak menurun dikarenakan tidak dapat bersaing penuh di
dunia media saat ini.
Komentar
Posting Komentar