MEDIA VISIT RRI PRO 2
RRI
RRI merupakan
media yyang sudah tidak asing dan dikenal dikalangan masyarakat Indonesia.
Bahkan RRI sendiri sudah berdiri sebelum masa kemerdekaan Indonesia. Di daerah
Yogyakarta sampai saat ini sudah mengelola 4 studio yaitu Pro 1 untuk para kaum
– kaum tua, Pro 2 untuk masyarakat – masyrakat atau anak – anak masa kini, Pro
3 dukhususkan untuk jarngan nasional serta Pro 4 dikhususkan untuk budaya.
Asas,
Tujuan, dan Fungsi RRI
Dalam
melaksanakan tugas di bidang penyiaran, LPP RRI merujuk pada asas, tujuan, dan
fungsi yang ditetapkan oleh UU Nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran yaitu :
Asas : Penyiaran diselenggarakan berdasarkan
Pancasila dan UUD 1945, dengan asas manfaat, adil dan merata, kepastian hukum,
keamanan, keberagaman, kemitraan, kebebasan, dan tanggung jawab.
Tujuan : Penyiaran diselenggarakan
dengan tujuan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati
diri bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat
yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera, serta menumnuhkan industri
penyiaran Indonesia.
Fungsi : Penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa
mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat,
kontrol dan perekat sosial serta memajukan kebudayaan.
Visi
dan Misi
Visi
: Mewujudkan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia sebagai radio
berjaringan terluas, pembangunan karakter bangsa, berkelas dunia.
Misi
:
1. Memberikan
pelayanan informasi terpecaya yang dapat menjadi acuan dan ssarana kontrol
sosial masyarakat dengan memperhatikan kode etik jurnalistik/kode etik
penyiaran.
2. Mengembangkan siaran pendidikan
untuk mencerahkan, mencerdaskan, dan memberdayakan serta mendorong kreatifitas
masyarakat dalam kerangka membangun karaktek bangsa.
3. Menyelenggarakan siaran yang
bertujuan menggali, melestarikan dan
mengembangkan budaya bangsa, memberikan hiburan yang sehat bagi keluarga,
membentuk budi pekerti dan jati diri bangsa di tengah arus globalisasi.
4. Menyelenggarakan program siaran
berperspektif gender yang sesuai dengan budaya bangsa dan melayani kebutuhan
kelompok minoritas
5. Memperkuat program siaran di
wilayah perbatasan untuk menjaga kedaulatan NKRI
6. Meningkatkan kualitas siaran
luar negeri dengan program siaran yang mencerminkan politik negara dan citra
positif bangsa.
7. Meningkatkan partisipasi publik
dalam proses penyelenggaraan siaran mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
hingga evaluasi program siaran.
8. Meningkatkan kualitas audio dan
memperluas jangkauan siaran secara nasional dan internasional dengan
mengoptimalkan sumberdaya teknologi yang ada dan mengadaptasi perkembangan
teknologi penyiaran serta mengefisienkan pengelolaan operasional maupun
pemeliharaan perangkat teknik.
9. Mengembangkan organisasi yang
dinamis, efektif, dan efisien dengan sistem manajemen sumber daya (SDM,
keuangan, asset, informasi dan operasional) berbasis teknologi informasi dalam
rangka mewujudkan tata kelola lembaga yang baik ( good corporate governance)
10. Meningkatkan kualitas siaran
luar negeri dengan program siaran yang mencerminkan politik negara dan citra
positif bangsa.
11. Memberikan pelayanan jasa-jasa
yang terkait dengan penggunaan dan
pemanfaatan asset negara secara profesional
dan akuntabel serta menggali sumber-sumber penerimaan lain untuk
mendukung operasional siaran dan meningkatkan
kesejahteraan pegawai.
Manajemen RRI PRO 2
Sebagai stasiun
radio yang berstatus Lembaga Penyiaran Publik, PRO 2 RRI Yogyakarta mempunyai
tanggung jawab sosial yang lebih besar dibandingkan dengan radio lain. Hal ini
membuat PRO 2 RRI Yogyakarta tidak berorientasi pada materi, namun tujuan
keberadaan PRO 2 RRI Yogyakarta lebih mengutamakan untuk melayani kepentingan masyarakat
khususnya kaum muda sebagai segmentasinya. PRO 2 RRI Yogyakarta dituntut untuk
lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas program siaran yang dimilikinya agar
dapat tetap eksis dan bersaing dengan radio lain yang ada di Yogyakarta.
RRI
sendiri saat ini agar tetap dapat bersaing dan eksis dengan radio lain maka RRI
membuat suatu aplikasi. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui gadget yaitu RRI
Play. Melalui aplikasi tersebut maka pengguna dapat streaming dan berkomunikasi
di Indonesia. Selain hal tersebut RRI jogja juga mempunyai media sosial sendiri
seperti twitter, instagram, dan facebook.
Komentar
Posting Komentar