MEDIA VISIT RRI PRO 2



RRI
            RRI merupakan media yyang sudah tidak asing dan dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Bahkan RRI sendiri sudah berdiri sebelum masa kemerdekaan Indonesia. Di daerah Yogyakarta sampai saat ini sudah mengelola 4 studio yaitu Pro 1 untuk para kaum – kaum tua, Pro 2 untuk masyarakat – masyrakat atau anak – anak masa kini, Pro 3 dukhususkan untuk jarngan nasional serta Pro 4 dikhususkan untuk budaya.

Asas, Tujuan, dan Fungsi RRI
            Dalam melaksanakan tugas di bidang penyiaran, LPP RRI merujuk pada asas, tujuan, dan fungsi yang ditetapkan oleh UU Nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran yaitu :
Asas  : Penyiaran diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dengan asas manfaat, adil dan merata, kepastian hukum, keamanan, keberagaman, kemitraan, kebebasan, dan tanggung jawab.
Tujuan : Penyiaran diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera, serta menumnuhkan industri penyiaran Indonesia.
Fungsi   : Penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial serta memajukan kebudayaan.

Visi dan Misi
            Visi : Mewujudkan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia sebagai radio berjaringan terluas, pembangunan karakter bangsa, berkelas dunia.
            Misi :
            1. Memberikan pelayanan informasi terpecaya yang dapat menjadi acuan dan ssarana kontrol sosial masyarakat dengan memperhatikan kode etik jurnalistik/kode etik penyiaran.
2. Mengembangkan siaran pendidikan untuk mencerahkan, mencerdaskan, dan memberdayakan serta mendorong kreatifitas masyarakat dalam kerangka membangun karaktek bangsa.
3. Menyelenggarakan siaran yang bertujuan menggali,  melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa, memberikan hiburan yang sehat bagi keluarga, membentuk budi pekerti dan jati diri bangsa di tengah arus globalisasi.
4. Menyelenggarakan program siaran berperspektif gender yang sesuai dengan budaya bangsa dan melayani kebutuhan kelompok minoritas
5. Memperkuat program siaran di wilayah perbatasan untuk menjaga kedaulatan NKRI
6. Meningkatkan kualitas siaran luar negeri dengan program siaran yang mencerminkan politik negara dan citra positif bangsa.
7. Meningkatkan partisipasi publik dalam proses penyelenggaraan siaran mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program siaran.
8. Meningkatkan kualitas audio dan memperluas jangkauan siaran secara nasional dan internasional dengan mengoptimalkan sumberdaya teknologi yang ada dan mengadaptasi perkembangan teknologi penyiaran serta mengefisienkan pengelolaan operasional maupun pemeliharaan perangkat teknik.
9. Mengembangkan organisasi yang dinamis, efektif, dan efisien dengan sistem manajemen sumber daya (SDM, keuangan, asset, informasi dan operasional) berbasis teknologi informasi dalam rangka mewujudkan tata kelola lembaga yang baik ( good corporate governance)
10. Meningkatkan kualitas siaran luar negeri dengan program siaran yang mencerminkan politik negara dan citra positif bangsa.
11. Memberikan pelayanan jasa-jasa yang terkait dengan   penggunaan dan pemanfaatan asset negara secara profesional  dan akuntabel serta menggali sumber-sumber penerimaan lain untuk mendukung operasional siaran dan meningkatkan  kesejahteraan pegawai.

Manajemen RRI PRO 2
            Sebagai stasiun radio yang berstatus Lembaga Penyiaran Publik, PRO 2 RRI Yogyakarta mempunyai tanggung jawab sosial yang lebih besar dibandingkan dengan radio lain. Hal ini membuat PRO 2 RRI Yogyakarta tidak berorientasi pada materi, namun tujuan keberadaan PRO 2 RRI Yogyakarta lebih mengutamakan untuk melayani kepentingan masyarakat khususnya kaum muda sebagai segmentasinya. PRO 2 RRI Yogyakarta dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas program siaran yang dimilikinya agar dapat tetap eksis dan bersaing dengan radio lain yang ada di Yogyakarta.
            RRI sendiri saat ini agar tetap dapat bersaing dan eksis dengan radio lain maka RRI membuat suatu aplikasi. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui gadget yaitu RRI Play. Melalui aplikasi tersebut maka pengguna dapat streaming dan berkomunikasi di Indonesia. Selain hal tersebut RRI jogja juga mempunyai media sosial sendiri seperti twitter, instagram, dan facebook.

Komentar

Postingan Populer